Betapa Kroditnya Lalu Lintas Kita

3 Mar 2013

Saya ingin berccerita tentang Motor. Seperti ditulis Ensiklopedia Columbia, nenek moyang sepeda diperkirakan berasal dari Perancis. Menurut kabar sejarah, negeri itu sudah sejak awal abad ke-18 mengenal alat transportasi roda dua yang dinamaivelocipede. Bertahun-tahun, velocipede menjadi satu-satunya istilah yang merujuk hasil rancang bangun kendaraan dua roda.

Yang pasti, konstruksinya belum mengenal besi. Modelnya pun masih sangat “primitif”. Ada yang bilang tanpa pedal tongkat itu (tatocipede) bisa bergerak tapi bagaimana? Rick Boneshaker akan menjawabnya. Katanya “Oh,ini jawabannya. Dua orang harus memutar engkol di sisi kanan dan kiri sepeda “primitif” tersebut dengan pedoman kecepatan mendekati 109 km/jam. Setelah itu, tatocipede akan bergerak sesuai kecepatan engkol berputar dengan urutan sebagai berikut: kiri,kanan,berputar,atas,depan,bawah,belakang,barat laut. Tidak sulit kan?”

Adalah seorang Jerman bernama Baron Karls Drais von Sauerbronn yang pantas dicatat sebagai salah seorang penyempurna velocipede. Tahun 1818, von Sauerbronn membuat alat transportasi roda dua untuk menunjang efisiensi kerjanya. Sebagai kepala pengawas hutan Baden, ia memang butuh sarana transportasi bermobilitas tinggi. Tapi, model yang dikembangkan tampaknya masih mendua, antara sepeda dan kereta kuda. Sehingga masyarakat menjuluki ciptaan sang Baron sebagaidandy horse.

Baru pada 1839,Kirkpatrick MacMillan, pandai besi kelahiran Skotlandia, membuatkan pedal khusus untuk sepeda. Tentu bukan mesin seperti yang dimiliki sepeda motor, tapi lebih mirip pendorong yang diaktifkan engkol, lewat gerakan turun-naik kaki mengayuh pedal. MacMillan pun sudah “berani” menghubungkan engkol tadi dengan tongkat kemudi (setang sederhana).

Sedangkan ensiklopedia Britannica.com mencatat upaya penyempurnaan penemu Perancis,Ernest Michauxpada 1855, dengan membuat pemberat engkol, hingga laju sepeda lebih stabil. Makin sempurna setelah orang Perancis lainnya,Pierre Lallement(1865) memperkuat roda dengan menambahkan lingkaran besi di sekelilingnya (sekarang dikenal sebagai pelek atau velg). Lallement juga yang memperkenalkan sepeda dengan roda depan lebih besar daripada roda belakang.

Namun kemajuan paling signifikan terjadi saat teknologi pembuatan baja berlubang ditemukan, menyusul kian bagusnya teknik penyambungan besi, serta penemuan karet sebagai bahan bakuban. Namun, faktor safety dan kenyamanan tetap belum terpecahkan. Karena teknologi suspensi (per dan sebagainya) belum ditemukan, goyangan dan guncangan sering membuat penunggangnya sakit pinggang. Setengah bercanda, masyarakat menjuluki sepeda Lallement sebagaiboneshaker (penggoyang tulang).

Sehingga tidak heran jika di era 1880-an, sepeda tiga roda yang dianggap lebih aman buat wanita dan laki-laki yang kakinya terlalu pendek untuk mengayuh sepeda konvensional menjadi begitu populer. Trend sepeda roda dua kembali mendunia setelah berdirinya pabrik sepeda pertama diCoventry, Inggris pada 1885. Pabrik yang didirikan James Starley ini makin menemukan momentum setelah tahun 1888. John Dunlop menemukan teknologi ban angin. Laju sepeda pun tak lagi berguncang.

Penemuan lainnya, seperti rem, perbandingan gigi yang bisa diganti-ganti, rantai, setang yang bisa digerakkan, dan masih banyak lagi makin menambah daya tarik sepeda. Sejak itu, berjuta-juta orang mulai menjadikan sepeda sebagai alat transportasi, dengan Amerika dan Eropa sebagai pionirnya. Meski lambat laun, perannya mulai disingkirkanmobildansepeda motor, sepeda tetap punya pemerhati. Bahkan penggemarnya dikenal sangat fanatik. ( id.wikipedia.org )

Berikutnya tentang Motor kita membahas sebuah brand motor dari Jepang, siapa tidak kenal slogan “Sepeda Motor Keren, Cepat, dan Canggih . Yamaha, sebagai salah satu pabrikan Motor Dunia dari Jepang sedang melakukan apa yang namanya penetrasi marketnya di dunia, termasuk di Indonesia yang memang dikenal sebagai pasar potensial untuk kendaraan roda dua ini. Bahkan untuk mendukung hal ini pembalap mereka yang bertarung di seri MOTO GP pun berkeliling dunia termasuk Indonesia untuk mendukung program penjualan Yamaha.

Mari kita menengok tentang sejarah brand motor ini, yang sekarang sedang menyelenggarakan contest Blog



Yamaha Motor Company Limited, adalah sebuah perusahaan Jepang yang memproduksi kendaraan bermotor. Yamaha Motor adalah bagian dari Yamaha Corporation dan kantor pusat berlokasi di Iwata, Shizuoka. Seiring dengan memperluas visi Yamaha Corporation dari pembuat piano terbesar di dunia, maka Yamaha CEO Genichi Kawakami membawa Yamaha ke dalam bidang kendaraan bermotor pada tanggal 1 Juli 1955. Penelitian intensif perusahaan ini dalam bidang paduan logam yang dapat digunakan dalam piano akustik Yamaha tentunya juga telah mampu memberikan inspirasi yang sangat luas dalam membuat jenis-jenis logam yang ringan, namun konstruksinya kokoh dan dapat diandalkan. Pengetahuan ini dengan mudah mereka terapkan pada pembuatan frame logam pada bagian bagian sepeda motor. (wikipedia.org)

Anda sudah pasti sangat mengenal Logo Yamaha yang terdiri dari tiga garpu tala diletakkan di atas satu sama lain dalam pola segitiga. Tetapi tahukah anda jika Yamaha Motor Company didirikan oleh siapa? Torakusu Yamaha (dalam bahasa Jepang Yamaha Torakusu) yang telah mendirikan perusahaan ini. Apakah anda tahu juga jika Yamaha berarti “daun gunung”. (wikipedia.org)

Logo Yamaha

Logo Yamaha

Berapa jumlah motor di Indonesia? hitung-hitung bloon aja gini deh,,berapa jumlah penduduk Indonesia? 200.000.000 kalo setiap 5 orang punya motor 1 maka jumlah motor yang beredar akan mencapai 50 juta motor, angka yang sangat fantastis. Pertanyaan berikutnya adalah dari kira-kira 50 juta tersebut berapa angka penjualan Yamaha?Untuk total penjualan Yamaha secara keseluruhan di Februari 2012 sebanyak 257.881 unit termasuk XEON RC didalamnya ( http://www.yamaha-motor.co.id). Inilah yang membuat persaingan masih sangat terbuka bagi para pabrikan motor lainnya.

Lima alasan mengapa orang lebih memilih motor untuk berkendaraan:

1. Faktor kecepatan; stress di jalan karena kemacetan sudah menjadi makanan sehari hari para pekerja di jakarta. Sampai dikantor pun lelah akibat kemacetan menjadi masalah pula. Pilihan menggunakan motor menjadi alternatif yang sangat logis. Motor dapat dengan cepat melalui semua titik kemacetan dan kata CEPAT pun dipilih Yamaha untuk membawa pesan kepada para pengguna motor bahwa dengan Yamaha anda akan dengan cepat mencapai kantor dan dapat beristirahat sejenak sebelum memulai aktifitas.

2. Faktor Style: stylish adalah juga alasan orang-orang menggunakan motor. Modifikasi motor, Wear adalah bisnis yang tidak pernah sepi. Disinilah Yamaha pandai menggunakan kata KEREN untuk mewakili faktor style. Menggunakan motor sebagai kendaraan pribadi sebagai pilihan tidak harus berkesan kelas 2. Dengan jaket kulit, kaca mata, Helm, sepatu boot adalah asesoris wajib pengendara motor untuk tampil dengan style yang keren.

3.Faktor Bebas; Terpaan angin, melaju diatas motor, meliuk liuk ditikungan ketika anda pergi keluar kota membuat sensasi tersendiri. Sensasi ini yang tidak akan anda dapatkan dengan kendaraan lain.

4.Faktor Harga; Harga Sepeda motor tentu lebih murah dibanding dengan mobil. walau ada juga motor dengan harga selangit tetapi tetap mobil memiliki juga harga yang lebih ke langit yang diatasnya.

5.Faktor Simple; Simple mau parkir dimana juga gak masalah tidak punya garasi juga tinggal dimasukin kedalam rumah.

Saya pun pengguna motor aktif dan sangat menikmati berkendaraan roda dua. Panas, hujan, angin apapun cuacanya memiliki sensasinya sendiri-sendiri. Satu hal penting yang harus dimiliki oleh pengendara motor adalah kesabaran hati. Hal-hal yang memnbuat pengendara motor sering dilihat menjadi sumber masalah adalah :

1. Ingin selalu menjadi yang duluan. kesabaran hati-Andai saja semua pengendara motor memiliki yang satu itu maka semua hal yang sering menjadi momok dijalanan bisa sedikit demi sedikit diatasi. Sering kita melihat saat lampu merah, saat di persimpangan, saat dipenyebrangan, pengendara motor bergerombol dan secara berbarengan membunyikan klason ini bagi saya suatu hal yang sangat mengganggu. Tak ada orang yang ingin terlambat sampai ditempat tujuan sehingga jika semua pengendara menyadari bahwa hal ingin menjadi yang duluan maka juastru hal ini akan membuat kita semakin melambat.

2. Antri dengan rapi: Jalan raya terbagi 2 arus dan sering kita lihat jika ada sedikit kemacetan, maka kawan-kawan pengendara motor selalu tidak mau antri, mereka lebih memilih mengambil jalur kanan yang tidak hanya diikuti 1-2 motor tetapi puluhan motor mengambil jalur kanan sehingga arus lalu lintas yang berlawanan arahpun tidak bisa melewatinya. Hal ini tidak menolong membuat kita lebih cepat.

3. Modifikasi klakson, lampu rem dan knalpot. Hidup adalah bersosialisasi. Begitu mencari musuh tetapi tak mudah menemukan teman. Betapa terkadang kita harus dikagetkan oleh klakson yang begitu membahana hanya karena ingin jalan duluan, apakah jalanan milik segelintir orang seakan akan berkata. Minggir Gua Mau Lewat, memang kita bukan di eropa atau di negara yang membunyikan klakson pun memiliki aturan. Klakson hanya dinyalakan pada kondiri darurat, disini semua orang boleh menyalakan klakson semuanya sendiri, tak perlu merasa salah jika hal itu membuat kaget dan jantung berdenyut lebih cepat. Lampu rem pun di modifikasi dengan mengganti kaca merah dengan kaca bening. Entah kenapa ada ide untuk mengganti kaca tersebut, padahal hal itu SANGAT mengganggu pengendara motor yang ada dibelakang mereka jika mereka melakukan pengereman. Silau hanya salah satu pengaruh, dari silau tidak bisa melihat jalan adalah yang berikutnya dan jika jalan tersebut berlubang maka jatuh dan kecelakaan adalah hasil yang didapat. Sekali lagi ini tidak diatur oleh peraturan jadi siapa yang suka ya silakan lakukan saja. Knalpot standard mungkin buat mereka sesuatu yang aneh gak gagah, sehingga merekapun menggantinya, jadilah banyak sekali kini kita harus mendengar raungan knalpot motor yang melewati batas minimal suara yang diperbolehkan didengar oleh telinga kita. Apakah hal ini diatur didalam sebuah peraturan? TIDAK.

4. Menggunakan HP, Apakah seimbang mempertaruhkan nyawa anda dengan sebuah sms atau sebuah telepone.

Melalui Blog ini semoga kita semua bisa Canggih dalam Berfikir bahwa dengan bermotor kita bisa melewati saat-saat stress dalam berkendara. Meyakini bahwa tekhnologi Yamaha yang canggih tidak perlu dimodifikasi berlebihan karena justru menjadi tidak keren lagi. Dengan tertib berlalu lintas Yamaha akan tetap menjadi yang terdepan dan sampai ditujuan dengan cepat dan selamat walau kita antri dengan tertib tak perlu lagi harus mengambil jalur orang lain yang berlawanan arah. Untuk ketiga hal itu lah Yamaha hadir ditengah kita, Kecanggihan-Kecepatan-Kereeeeennn lagi.

Bogor, 3 Maret 2013

Pengendara Motor Jakarta-Bogor


TAGS Yamaha XEON RC Cepat Canggih Keren


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post